Saturday, September 23, 2017

Yang Dianggap Wajar

   Akhir-akhir ini otak gue lagi dipenuhin uneg-uneg yang sebenernya udah lama pengen gue tulis diblog gue. Gue sering banget dipusingkan sama masalah per-netizen-an yang semakin hari semakin banyak tingkah, yang sebenernya miris tapi banyak yang suka, banyak yang nglakuin dan banyak pula yang "menganggap wajar-wajar saja".
   Well, seperti yang kita lihat, dijaman mileniall dan tutorial ini semakin banyak orang berlomba-lomba untuk nglakuin sesuatu yang menurut gue sangat tidak berfaedah (sekali lagi ini menurut gue ya, orang beda-beda) , bahkan yang sangat disayangkan "melakukan segala cara" hanya untuk mendapat pengakuan dari orang-orang sosmed (why? People why?). Hanya untuk dapetin title sebagai anak hits, anak gaul, anak kekinian dan istilah lainnya. Yang bahkan belum tentu kehidupan nyata "anak-anak hits" ini sebegitu menariknya seperti disosmed. Yang hanya menjadi fokus adalah "bagaimana netizen bisa melihat kehidupan kita terlihat bahagia, terlihat menarik, dan membuat netizen merasa iri bahkan merasa ingin seperti kita" ngerti nggak maksud gue? 
   Nggak sedikit dari mereka yang rela melakukan hal-hal dari yang antimainstream sampai ngebahayain diri sendiri karena saking antimainstreamnya hanya untuk viral didunia maya. Atau bahkan biar followersnya nambah. Dan mirisnya ini dianggap wajar, ini dianggap biasa. Gue bahkan pernah liat postingan seseorang yang lagi bergelantungan di atap gedung yang tinggi (beneran tinggi sumpah) tanpa pengaman apapun. Entah dia emang udah nggak sayang nyawa atau gimana gue kaga ngerti lagi dah. dan itu dia lakuin hanya untuk viral coy, gila nggak bok? 
   Gue yakin semakin lama orang-orang akan terbiasa untuk nglakuin hal-hal yang sebenernya aneh tapi mereka anggap itu hal biasa, kenapa? Karena emang lingkungan kita udah nggak sehat, lingkungan yang haus akan pengakuan, lingkungan yang setiap orang harus ada tittlenya, apa-apa orang harus tau, apa-apa harus difoto, apa-apa harus terlihat mewah, seolah-olah hidup kita sempurna. Dan nggak ada yang salah sih sebenernya karena emang fitrahnya orang seperti ini, karena naturally orang butuh pengakuan, yang salah adalah cara kita menyikapinya, karena disaat netizen men-tittle-kan seseorang, orang akan bersaing untuk itu, akan banyak orang yang dengan bangganya nglakuin apapun hanya untuk mendapat tittle tsb. 
   Pernah nggak sih lo liat cewe merokok, tatoan, foto tanpa busana disosmed dan ini dianggap hal yang biasa di per-netizen-an di Indonesia? Malah nggak sedikit yang bilang "keren kak", "kece kak", "cantik kak", dan masih banyak lagi. Cewe cowo foto mesra, ciuman dipost, pelukan dipost, dan itu juga dianggap wajar, malah dibilang "relationship goals". Oke. Gue tau sih sebenernya ini terserah mereka yang nglakuin, hidup juga hidup mereka, one thing, gue cuma menyampaikan opini gue aja kok. Karena secara nggak sadar banyak yang bakal niru, banyak yang bakal nglakuin apapun yang lagi viral, APAPUN. Jaman sekarang orang nglakuin sesuatu karena "thats what people do". 
   Dan yang sangat sangat miris buat gue sendiri adalah, orang-orang yang masih dibawah umur, bahkan yang gue rasa masih anak bawang ikutan nglakuin hal itu. Anak sd lah contohnya. Merokok, pacaran mesra, minum alkohol, seolah-olah ini hal yang biasa, seolah-olah ini nggak ada yang salah. Dan seolah-olah kita semua buta, kita bodoamat, karena takut dicap sok sucilah sok munafik dan banyak lagi. 
   Gue bukan manusia sempurna coy, dan gue juga tahu hidup seseorang ya urusan orang itu sendiri, apa salahnya sih kalau kita coba ciptain sosial media yang sehat? 
Apa salahnya sih kita jadi contoh yang baik buat adik-adik kita?  

Friday, September 22, 2017

Rindu

Aku rindu.......
Aku rindu.......
Benar-benar rindu

Ayah aku rindu
Aku rindu dirimu
Masih bisakah kita bertemu?
Bisakah kau menyapaku lagi?
Bisakah kau tetap temani aku hanya dalam mimpi?


Ayah....aku benar-benar rindu





Wednesday, July 26, 2017

Cita-Cita

  Ngomongin soal cita-cita, akhir-akhir ini sebenernya gue adalah orang yang lagi dipusingkan sama cita-cita. Jujur, kalau lo nanya apa cita-cita gue, jawabannya of course "I DON'T KNOW". Well, dari dulu sampai sekarang gue emang nggak pernah punya cita-cita. Bahkan definisi dari cita-cita itu sendiri gue masih belum paham, gue masih belum ngerti, apa itu cita-cita. Entah mengapa gue nggak pernah akrab sama yang namanya cita-cita. Mungkin karena gue emang nggak pernah punya bayangan mau jadi apa nanti kalau udah gede, gue nggak tau tujuan gue nanti mau gimana, mau jadi apa, gue bener-bener nggak tau. Gue nggak pernah berani berekspektasi sama diri gue sendiri, especially mungkin karena gue ngrasa i'm not smart, i can't do it, even sampai sekarang, sampai gue lulus SMA, gue masih belum tahu hidup gue mau gue arahin kemana.
  Sebenernya seneng sih, gue akhirnya lulus SMA, dulu-dulu gue excited banget ngebayanginnya. Gue nggak sabar buat lulus, gue pengen banget cepet-cepet lulus. Tapi sekarang, semakin kesini, semakin gue sadar kalau lulus SMA itu nggak se-excited yg gue bayangin dulu. Kalau misalnya lo bilang lulus SMA itu akhir dari perjuangan dihidup lo. Lo salah, justru perjuangan hidup yang sebenernya baru aja dimulai. Karena disini gue dituntut harus tau mau ngapain, harus tau mau jadi apa, intinya gue dituntut harus jadi dewasa, sedangkan pemikiran gue masih kaya bocah. 
  Dulu-dulu nih waktu akhir-akhir SMA, ketika gue liat kanan-kiri gue, temen-temen gue, mereka udah tau mau ngapain, mau jadi apa setelah lulus SMA, mau kerja di departemen mana, mau kuliah dimana, jurusan apa, mereka udah tau banget. Dan mereka bahkan udah hektik banget nyiapin kaya SNMPTN, SBMPTM, UTUL, SIMAK, UM, les, dan yang lainnya. Sedangkan gue kalau liat ke diri gue sendiri, gue masih dipoint, "Ok An, lu bentar lagi lulus, lu mau ngapain?". Nggak tau kenapa, gue susah banget buat nentuin planning tujuan hidup gue ini mau apa sebenernya. 
  Long story short finally gue sadar karena preassure dari kanan kiri gue yang bilang kalau lo habis lulus SMA nggak tau mau jadi apa, lo madesu. Akhirnya ya gue galau-galau lah mikirin gue ini mau jadi apa. Gue lihat lagi temen-temen gue, kalau misalnya mereka prever buat kuliah disini atau dijurusan ini karena itu sesuai sama passion mereka. Balik lagi ke diri gue sendiri, gue nggak tau passion gue apa, minat dan bakat gue apa tu gue nggak tau bahkan. Mungkin dulu-dulu gue merasa kalau accounting, management, atau hal-hal yang berbau IPS itu passion gue, karena gue merasa bisa, gue merasa mampu ngerjainnya, dan gue udah lama berkecimpung dibidang ini. So is so kan gue SMA masuk IPS. 
  Dan akhirnya yang gue klik disini adalah gimana gue belajar, belajar buat ngenalin diri gue lebih dalam, belajar buat cari tahu passion gue, belajar untuk hidup yg sebenernya itu harus seperti apa. Disini gue juga mencari tahu siapa sebenernya gue? apa tujuan gue hidup? Ya lebih ke gue mempertanyakan eksistensi gue didunia ini. 
  Gue pernah denger disalah satu vlog yang menginspirasi gue kalau di lingkungan kita kan kaya ada semacam patern hidup gitu kan, kaya SD harus umur sekian sampai sekian, SMP, SMA harus umur sekian sampai sekian, begitu juga kuliah, kalau misalnya gue diumur segini yang harusnya ngerjain ini, insert gue masih ngerjain yang lain gue bakalan jadi bahan omongan. Gue yakin kalau itu kelihatan aneh di mata orang lain. Padahal yang tahu prioritas seseorang mau ngapain kan ya orang itu sendiri. Dan sebenernya itu nggak aneh, sama sekali nggak aneh. Mungkin ini karena kebiasaan atau preassure di lingkungan kita yg akhirnya tu ngebentuk orientasinya disitu-situ aja. Yang gue lihat disini kebanyakan dari mereka lebih senang nge-judge tanpa tahu apa yang sebenernya terjadi, penting banget sih buat gue nebelin kulit biar nggak terpengaruh sama omongan orang. Satu hal yang gue pelajari disini adalah ketika gue lihat hidup orang lain, terus gue lihat hidup gue sendiri. HIDUP GUE TU NGGAK HARUS SAMA KAYA ORANG LAIN. Gue bisa ciptain patern hidup gue sendiri, 
 Dan nantinya gue nggak mau nglakuin sesuatu karena that's what people do, misalnya gue kuliah karena orang lain nglakuin itu, atau gue kuliah biar terlihat keren. Intinya sih gue nggak mau cepet-cepet ambil keputusan, gue juga nggak nuntut harus ini harus itu setelah lulus SMA. One step at the time, mana opportunity yang datang ke gue saat ini ya itu yang gue kerjain, kalau gue nglakuin sesuatu mindsetnya cuma pengen cepet-cepet gue nggak bakal dapet essensi dari apa yang gue kerjain. Gitu aja sih mungkin yang pengen gue omongin di blog kedua ini. 
  
Sama ini sih.....
  Gue cuma pengen bilang buat lo yang lagi mentok sama sesuatu, atau buat lo yang sama kaya gue, yang baru aja lulus SMA dan masih nggak tau mau ngapain, nggak masalah kok, nobody knows what we're doing actually, lo sama temen-temen lo yang udah tau mau ngapain itu sama, sama-sama first timer, sama-sama pemula, nggak ada yang tahu nantinya hidup kita bakalan kaya apa. Jangan pernah merasa gagal, jangan pernah merasa lo mundur dari yang lain, yang perlu lo lakuin adalah nge-set niat lo sama usaha dan do'a. Kalau lo udah usaha udah do'a, yaudah, dah cukup sampai disitu aja, nggak usah terlalu worried, nggak usah terlalu gimana-gimana, toh nantinya juga lo bakalan sampai ke apapun tujuan lo kok. Nggak usah nambah-nambahin stress yang mestinya tu nggak ada. Tetap semangat dan jangan menyerah sama cita-cita lo :) 

Sunday, July 16, 2017

Menulis

   Nama gue Ani Putri Salamah, umur gue 18, nggak ada yg menarik dari diri gue untuk diceritain sih, and this is my first blog! Jujur gue nggak tau gimana menulis layaknya blogger-blogger profesional, gue juga nggak pernah punya pengalaman nulis sebelumnya, 1 hal yang bikin gue excited buat terjun ke dunia tulis menulis ini karena gue suka nulis, well......kelihatan aneh memang, ketika seseorang hobi nulis tapi nggak pernah mau nulis haha. I mean that gue nulis ya cuma sebatas nulis aja, gue nulis apa yang lagi pengen gue tulis. Gue nulis apa aja yg gue mau. Seringnya sih gue nulis semua uneg-uneg yang lagi gue rasain. Gue ngrasa jauh lebih baik kalau gue nulis ketimbang gue ceritain semua uneg-uneg gue ke orang lain. Gue ngrasa lebih lega kalau gue nulis, gue ngrasa bisa ungkapin apa yg bener-bener lagi gue rasain, gue ngrasa lebik bebas, lebih bisa berekspresi kalau gue nulis. Dan basically gue typical orang yg nggak gampang percaya sama orang lain, even itu sahabat gue sendiri atau orang-orang terdekat gue. Entah mengapa gue susah banget buat terbuka sama orang lain. Untuk sekedar ceritain masalah sepele pun gue nggak bisa, mungkin karena selama ini yang gue rasain setelah ceritain sama orang lain gue tetep ngrasa biasa aja, masalah gue juga gak selesai, gue juga nggak pernah ngrasa lega setelah gue ceritain uneg-uneg gue ke orang lain. I don't know, tapi gue bener-bener nggak nyaman buat cerita, kalaupun gue cerita, gue tetep nggak bisa ceritain semuanya. Buat gue sendiri, masalah apapun yang datang ke hidup gue, ya biar gue aja yg rasain, susah dan senangnya gue ya biar gue aja yang tahu. Gue bukannya nggak butuh teman, tapi yang gue rasain sejauh ini gue nggak pernah bisa ngrasa percaya sama seseorang, percaya yang bener-bener pure percaya tu gue nggak bisa. Bahkan sebenernya gue sudah berusaha buat terbuka sama oranglain, but... I don't know why sampai sekarang untuk masalah apapun gue lebih prever buat nulis, disini gue bener-bener bisa jadi apa yang gue mau. Mungkin one day, gue punya seseorang yang bisa gue percaya.....hehe. Ini aja sih yang mau gue tulis di blog pertama gue. Tungguin blog gue selanjutnya. Dadaaaa;)